Minggu, 27 April 2014

Mengenal Jenis Buah-Buahan Untuk Makanan Burung Pleci



Burung pleci adalah satu dari puluhan jenis burung ocehan yang menyukai buah-buahan sebagai makanan pokoknya selain voer. Adalah mengupas manfaat buah-buahan untuk burung pleci sungguh sangatlah banyak sekali yakni menguatkan stamina tubuh burung, mengencangkan kicauan, dan dapat menambah berat badan burung Pleci. Tetapi dari sekian banyak buah-buahan yang ada di dunia ini tidak semuanya dapat dimakan oleh burung Pleci dan hanya beberapa jenis buah saja yang disukainya. Dari itu artikel ini membahas secara khusus mengenai jenis-jenis buah-buahan yang disukai oleh burung pleci.

  • Buah Tomat



    Dalam dunia kesehatan buah tomat mempunyai banyak khasiat yang sangat baik untuk tubuh yaitu memutihkan kulit, menguatkan tulang, menjaga kesehatan mata, dan menjaga kadar gula darah. Sebab kandungan vitamin yang terdapat dalam buah tomat cukup banyak yaitu vitamin A, C, B6, K dan juga mengandung kalium, folat, magnesium, fosfor, dan tiamin. Bagi burung Pleci yang mengonsumsi buah tomat akan memberikan khasiat yang sangat luar biasanya yakni dapat menguatkan tulangnya dan juga dapat menjaga kesehatan matanya agar tetap jelas melihat serta dapat menjernihkan kicauan burung pleci. Buah tomat yang akan dimakan oleh burung pleci sebaiknya dicuci terlebih dahulu untuk menghilangkan bakteri yang menempel di kulit buah tomat. Dan juga pemberiannya dianjurkan hanya sekali dalam seminggu.

  • Pisang Kepok



    Di Indonesia, pisang kepok sangat banyak jumlahnya dan harganya juga tidak terlalu mahal. Pisang kepok mengandung banyak vitamin yakni vitamin A, B6, C, dan D. Di samping itu pisang kepok juga mengandung kadar gula sederhana yang diolah menjadi tenaga bagi tubuh. Manfaat pisang kepok untuk dimakan oleh burung pleci sangat banyak sekali di antaranya menjaga kesehatan tulang, mata, dan gigi. Pisang kepok juga menjadi stimulan atau antibodi bagi burung pleci. Manfaat lainnya membantu penyerapan kalsium dan mempercepat penyembuhan bila terjadi luka di tubuh burung Pleci. Pemberian pisang kepok untuk burung pleci diusahakan pisang kepok yang matang di pokok bukan yang matang dari hasil endapan atau diberi karbit. Sehingga vitamin dan kandungan gizi yang ada dalam pisang kepok dapat seutuhnya diserap oleh tubuh burung pleci.

  • Buah Sawo



    Buah sawo sangat umum bagi kita sebab di pasar tradisional ataupun modern pasti buah ini tetap ada dan harganya sangat murah. Dalam dunia kesehatan sudah umum diketahui bahwa buah sawo mempunyai banyak manfaat yang dapat berguna bagi tubuh seperti memperlancar pencernaan, menjadi antitoxin yang berperan menjaga tubuh dari virus, dan menjaga kesehatan mata. Sebab dalam buah sawo terkandung vitamin A dan C dan juga mengandung mineral seperti zat besi tembaga dan kalium. Burung Pleci yang menyantap buah sawo sangat baik untuk melatih suaranya agar mau berkicau terutama diberikan untuk burung pleci yang sedang malas bunyi dan burung pleci bakalan. Buah sawo yang disantap untuk burung pleci sebaiknya dipotong-potong terlebih dahulu dan diletakkan di dalam piring kecil agar mudah untuk dimakannya. Dan juga usahakan berikan buah sawo yang sudah masak dan pemberiannya cukup sekali dalam seminggu.

  • Buah mentimun



    Mentimun yang mempunyai nama latin Cucumis Sativus adalah jenis buah dan sayur yang sangat bermanfaat bagi kesehatan burung pleci yang memakannya. Mentimun mengandung banyak air dan vitamin A, B, dan C. Dan juga buah mentimun mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, kalium, mangan, dan silika. Bagi manusia buah mentimun sering digunakan untuk merawat kulit agar tampak selalu muda. Tetapi bagi burung pleci yang menyantapnya buah mentimun dapat menjadi sarana untuk menurunkan berat badan burung pleci yang kegemukan dan juga dapat menurunkan birahi burung pleci yang terlalu over. Sehingga pemberian buah mentimun untuk burung pleci hanya diberikan saat burung pleci tampak gemuk dan saat mengalami over birahi.

Nah, sekian pembahasan mengenai berbagai jenis buah-buahan untuk makanan burung Pleci. Sehingga bagi Anda yang mempunyai burung Pleci dapat memberikan buah-buahan sebagai makanan pokoknya Di samping memberikan voer dan kroto. Terima kasih.

Oleh: Satria Dwi Saputro
Sumber:
Berbagai Sumber
Gambar:
1. http://3.bp.blogspot.com/-h0-kHLZpRTw/TuOjyx4dRXI/AAAAAAAAAEc/GSdxs2JBReg/s1600/dscn1737.jpg
2. http://sudahtahu.com/wp-content/uploads/2013/09/buah-tomat-kanker-prostat.jpg
3. http://saranalestari.com/berita-212-buah-pisang-kepok-merah.html
4. http://sharingdisini.com/wp-content/uploads/2013/10/sawo-manila.jpg
5. http://obathipertensi.web.id/wp-content/uploads/2013/06/5398_mentimun_untuk_kesehatan_mulut.jpg

Tidak ada komentar:

Posting Komentar